Selasa, 04 Oktober 2016

Usecase & Class Diagram Website pada Puskesmas Beji

Nama : Hendry
NPM : 1B115229
Kelas : 3KA25 

Dosen : Ary Bima Kurniawan
==============================================

Puskesmas Beji

            Puskesmas Beji merupakan salah satu Puskesmas  yang terdapat di Kota Depok yang beralamat di Jalan Bambon Raya No.3 Beji Timur Depok. Puskesmas ini memiliki wilayah kerja yang terdiri atas dua kelurahan , yaitu Kelurahan Beji dan Kelurahan Beji Timur. Luas wilayah Puskesmas Beji adalah 1.141,44 km2 atau 0,5 % luas wilayah kota Depok.

            Puskesmas Beji memiliki gedung berlantai 2, dengan sarana dan prasarana yakni terdapat 2 rumah dinas dan gedung puskesmas terdapat dua lantai. Lantai 1 terdapat ruang gigi, ruang KIA, ruang tunggu pasien, ruang emergency, ruang periksa, ruang pendaftaran, ruang obat, gudang obat dan lantai 2 terdapat ruang rapat. Puskesmas tersebut juga mempunyai 1 mobil puskesmas keliling, 2 mobil ambulance, 2 kendaraan roda dua yang dimiliki Puskesmas Beji .

            Puskesmas Beji mempunyai fungsi yang tertuang dari tujuan umum dan tujuan khusus dalam penetapan jenis dan tujuan upaya kesehatan untuk mengatasi masalah kesehatan.
Tujuan umum dan khusus Puskesmas Beji sebagai berikut:
Tujuan Umum : Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di wilayah kerja Puskesmas Beji agar masyarakat mampu menjaga dan memelihara kesehatannya sendiri menuju Depok Sehat.


Tata  Laksana  atau Prosedur Penyampaian Informasi  yang  Sedang Berjalan
             Penyampaian informasi yang sedang berjalan di Puskesmas Beji yakni puskesmas menyampaikan informasi ke mayarakat melalui  media surat kabar, iklan dan pemberitahuan di dinding pemberitahuan di dalam Puskesmas atau menelepon Puskesmas. Setelah mendapat informasi , maka masyarakat memberikan respon tentang informasi yang diterima.  Puskesmas akan membalas respon  yang di berikan masyarakat tersebut  dengan  berbagai cara seperti  membalas telephone, memberitahu melalui surat kabar maupun iklan, serta pemberitahuan di dinding  pemberitahuan di dalam Puskesmas.

            Jika masyarakat belum merasa puas dengan penjelasan yang diberikan, maka kegiatan tersebut akan terjadi berulang-ulang hingga masyarakat merasa puas.  Namun  seiring berjalannya waktu,  Puskesmas Beji  memiliki banyak  pasien yang ingin berobat  tidak  memungkinkan  jika dalam  menyampaikan informasi mereka masih tetap menggunakan sistem yang berjalan saat ini. Hal itu akan sangat membutuhkan biaya dan waktu yang lebih banyak dari yang  sebelumnya. Oleh karena itu penulis membuat website Puskesmas Beji, dikarenakan semakin mudah masyarakat untuk mengakses internet dan juga Puskesmas Beji tersebut belum mempunyai website tersendiri. Selain itu juga untuk memberikan informasi tentang event – event serta mengenai Puskesmas Beji maupun tentang kesehatan sekaligus promosi yang diharapkan dapat menarik minat masyarakat umum dimana, bagaimana dan apa kegiatan Puskesmas  Beji. Gambar 1 merupakan gambar diagram UML dari penyampaian informasi  yang sedang berjalan pada Puskesmas Beji :


Gambar 1 Prosedur Penyampaian Informasi Yang Sedang Berjalan

Tahap Perencanaan Sistem
Tata Laksana atau Prosedur penyampaian informasi yang diusulkan penulis
            Untuk  membantu  Puskesmas Beji  dalam memberikan informasi serta kegiatan sehari-hari penulis  merancang suatu  website yang informative.  Website yang  diusulkan  oleh  penulis  mempunyai  banyak keuntungan yaitu  dapat meminimalkan  biaya dan  waktu  yang  dikeluarkan  untuk menyampaikan informasi. Berikut ini merupakan penjelasan dari website yang diusulkan penulis yaitu :
1.Pertama user umum maupun client  mengunjungi website Puskesmas Beji
2.Baik user  maupun client dapat melihat-lihat semua informasi yang ada pada website mengenai Puskesmas Beji.
3.Khusus untuk client yang sudah terdaftar menjadi admin Puskesmas Beji dapat
   melakukan login untuk masuk ke halaman admin.
4.Admin bertugas untuk memposting , mengupdate serta menghapus informasi di website Puskesmas Beji.
Gambar 2 merupakan gambar diagram UML dari prosedur penyampaian informasi yang diusulkan penulis dengan menggunakan website
  


Gambar 2 Prosedur Penyampaian Informasi

Struktur Navigasi
            Struktur navigasi adalah struktur alur cerita dari sebuah program. Sebelum menyatukan elemen-elemen yang digunakan dalam aplikasi, sebaiknya mendefinisikan  objek-objek  dan  merancang tampilan.  Peta navigasi merupakan rencana hubungan dan rantai kerja dari beberapa area yang berbeda dan dapat membantu mengorganisasikan seluruh elemen dengan pemberian perintah dan pesan. Peta navigasi juga memberikan kemudahan dalam pengaturan dan bagaimana pengaruh keinteraktifannya terhadap user, karena itu penulis menggunakan struktur navigasi campuran dalam pembuatan website Puskesmas Beji.


Gambar 3 Struktur Navigasi Campuran (Halaman Website)
           
            Struktur Navigasi  campuran  (halaman  website) diatas dimulai  dengan tampilan  awal halaman  index (home).  Pada halaman  website tersebut  terdapat menu-menu yaitu home, profile, struktur dan organisasi, info puskesmas, buku tamu, halaman admin. Pada menu  profile,  terdapat menu visi dan misi dari Puskesmas Beji. Pada menu  Struktur dan organisasi data terdapat menu ketenagaan yakni berisi tentang tenaga kerja atau pegawai yang berada di Puskesmas Beji dan menu jadwal praktek yang berisi tentang jadwal dokter yang bertugas di Puskesmas Beji. Berikutnya menu info puskesmas dan menu jamkesmas yakni berisi tentang informasi puskesmas dan jaminan kesehatan yang dapat digunakan di puskesmas Beji.
            Selanjutnya yaitu menu buku tamu ,pada menu tersebut terdapat menu isi buku tamu. Menu  tersebut dapat digunakan  untuk  memberikan  pesan  atau  komentar yang ingin disampaikan oleh user umum maupun client. Dan terakhir menu halaman admin yakni hanya admin dari Puskesmas saja yang dapat menggunakanya dengan sebelumnya admin melakukan login terlebih dahulu setelah berhasil admin akan masuk ke menu halaman admin.

Gambar 3.4 Struktur Navigasi Campuran (Admin)
            Struktur Navigasi  campuran  (admin) dimulai dengan tampilan  awal halaman  index kemudian  dilanjutkan  dengan login  agar admin dapat  masuk  ke dalam halamannya.  Pada halaman admin terdapat beberapa  menu  yaitu  menu home sebagai  halaman utama admin,  dilanjutkan dengan menu berita, menu profile, menu ketenagaan, menu jadwal praktek, pengaturan admin dan terakhir keluar.
            Pada menu  profile  digunakan  admin untuk  menambah,  mengedit serta menghapus profile, visi dan misi, struktur, info puskesmas dan jamkesmas pada halaman website Puskesmas Beji. Selanjutnya menu ketenagaan dan menu jadwal praktek digunakan admin untuk menmbah, mengedit serta menghapus pegawai dan jadwal mpraktek pada website Puskesmas Beji. Menu pengaturan admin digunakan admin untuk mengatur dan menambah admin dari Puskesmas Beji. Dan menu yang terakhir yaitu menu keluar yaitu berupa Link untuk admin dapat keluar dari halamannya.

Usecase Diagram
            Pada tahap ini penulis akan melakukan perancangan dengan menggunakan alat perancangan sistem yaitu UML, di sini penulis membuat dengan usecase diagram. Diagram ini memperihatkan himpunan use case dan aktor-aktor (suatu jenis khusus dari kelas). Diagram ini terutama sangat penting untuk mengorganisasi dan memodelkan perilaku dari suatu sistem yang dibutuhkan serta diharapkan pengguna.


Gambar 5 Diagram Usecase User Umum
Berikut penjelasan Gambar 5 :
1.Proses Halaman Utama (Home).
Usecase : Home.
Deskripsi : Client memiliki halaman utama yaitu menu home.
2.Proses Halaman Profile.
Usecase : Profile dan Visi dan Misi.
Deskripsi : Client dapat melihat menu halaman Profile. Menu Profile memilki 1 (satu)  buah  subsistem  yang  dapat  dilihat oleh  client yaitu Visi dan Misi.
3.Proses Halaman Struktur dan Organisasi
Usecase : Struktur dan Organisasi, Ketenagaan, jadwal Praktek.
Deskripsi : Client dapat melihat menu halaman Struktur dan Organisasi.
Menu Struktur dan Organisasi memilki 2 (dua)  buah  subsistem  yang  dapat  dilihat oleh  client yaitu Ketenagaan dan Jadwal Praktek.
4.Proses Halaman Info Puskesmas
Usecase : Info Puskesmas dan Jaminan Kesehatan.
Deskripsi : Client dapat melihat menu halaman Struktur dan Organisasi.
Menu Info Puskesmas memilki 1 (satu) buah  subsistem  yang  dapat  dilihat oleh  client yaitu Jaminan Kesehatan.
5.Proses Halaman Buku Tamu.
Usecase : Buku Tamu dan Isi Buku Tamu.
Deskripsi : Client dapat  melihat  menu  halaman Buku Tamu. Menu Buku Tamu memilki 1 (satu) buah  subsistem  yang  dapat  dilihat oleh  client yaitu Isi Buku Tamu. Client dapat melihat Buku tamu serta mengisi Buku Tamu.
  
Usecase Diagram Admin
Gambar 6 Diagram Usecase Admin
Berikut Penjelasan Gambar 6
1.Proses Halaman Utama (Home)
Usecase : Home
Deskripsi : Admin memiliki halaman utama yaitu menu home.
2.Proses Halaman Edit Berita
Usecase :Edit berita, tambah berita ,  edit & hapus.
Deskripsi : Admin dapat menambahkan berita, merubah, dan menghapus
berita yang diinginkan
3.Proses Halaman Edit Profile
Usecase :Edit profile, tambah profile,  edit & hapus, edit visi & misi, tambah visi & misi, edit & hapus, edit struktur dan organisasi, tambah struktur dan organisasi, edit & hapus, edit info puskesmas, tambah info puskesmas, edit & hapus,edit jamkesmas, tambah jamkesmas, edit & hapus.
Deskripsi : Admin dapat menambahkan profile, visi dan misi, struktur dan organisasi, info puskesmas,dan jamkesmas serta admin dapat merubah, dan menghapus profile, visi dan misi, info puskesmas,dan jamkesmas.
4.Proses Halaman Edit Ketenagaan
Usecase :Edit ketenagaan, tambah ketenagaan,  edit & hapus.
Deskripsi : Admin dapat menambahkan nama pegawai, merubah, dan menghapus
pegawai yang diinginkan.
5.Proses Halaman Edit Jadwal Praktek
Usecase :Edit jadwal praktek, tambah jadwal praktek,  edit & hapus.
Deskripsi : Admin dapat menambahkan jadwal praktek dokter, merubah, dan menghapus jadwal yang diinginkan.
6.Proses Halaman Pengaturan Admin
Usecase :Pengaturan admin
Deskripsi : Admin dapat menambah serta menghapus maupun mengedit  admin baru untuk memasuki halaman admin.
7.Proses Halaman Keluar
Usecase: Keluar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar