Nama : Hendry
NPM : 1B115229
Kelas : 3KA25
NPM : 1B115229
Kelas : 3KA25
Dosen : Ary Bima Kurniawan
==============================================
Puskesmas Beji
Puskesmas
Beji merupakan salah satu Puskesmas yang
terdapat di Kota Depok yang beralamat di Jalan Bambon Raya
No.3 Beji Timur Depok. Puskesmas ini
memiliki wilayah kerja yang terdiri atas dua kelurahan , yaitu Kelurahan
Beji dan Kelurahan Beji Timur. Luas wilayah
Puskesmas Beji adalah 1.141,44 km2 atau 0,5 % luas wilayah kota
Depok.
Puskesmas
Beji memiliki gedung berlantai 2, dengan sarana dan prasarana yakni terdapat 2 rumah dinas
dan gedung puskesmas terdapat dua lantai. Lantai 1 terdapat ruang gigi, ruang
KIA, ruang
tunggu pasien, ruang emergency, ruang
periksa, ruang pendaftaran, ruang
obat, gudang obat dan lantai 2 terdapat ruang rapat. Puskesmas tersebut juga mempunyai 1
mobil puskesmas keliling, 2 mobil ambulance, 2 kendaraan roda dua yang dimiliki
Puskesmas Beji .
Puskesmas Beji mempunyai fungsi yang
tertuang dari tujuan umum dan tujuan khusus dalam penetapan jenis dan tujuan
upaya kesehatan untuk mengatasi masalah kesehatan.
Tujuan
umum dan khusus Puskesmas Beji sebagai berikut:
Tujuan Umum : Meningkatkan derajat
kesehatan masyarakat khususnya di wilayah kerja Puskesmas Beji agar masyarakat
mampu menjaga dan memelihara kesehatannya sendiri menuju Depok Sehat.
Tata Laksana
atau Prosedur Penyampaian Informasi
yang Sedang Berjalan
Penyampaian informasi yang sedang berjalan di Puskesmas
Beji yakni puskesmas menyampaikan informasi ke mayarakat melalui media surat kabar, iklan dan pemberitahuan di dinding pemberitahuan di dalam Puskesmas atau menelepon
Puskesmas. Setelah mendapat informasi , maka masyarakat memberikan respon
tentang informasi yang diterima. Puskesmas
akan membalas respon yang di berikan
masyarakat tersebut dengan berbagai cara seperti membalas telephone,
memberitahu melalui surat kabar maupun iklan, serta pemberitahuan di
dinding pemberitahuan di dalam
Puskesmas.
Jika
masyarakat belum merasa puas dengan penjelasan yang diberikan, maka kegiatan
tersebut akan terjadi berulang-ulang hingga masyarakat merasa puas. Namun
seiring berjalannya waktu,
Puskesmas Beji memiliki
banyak pasien yang ingin berobat tidak
memungkinkan jika dalam menyampaikan informasi mereka masih tetap
menggunakan sistem yang berjalan saat ini. Hal itu akan sangat membutuhkan
biaya dan waktu yang lebih banyak dari yang
sebelumnya. Oleh karena itu penulis membuat
website Puskesmas Beji, dikarenakan semakin mudah masyarakat untuk
mengakses internet dan juga Puskesmas Beji tersebut belum mempunyai website
tersendiri. Selain itu juga untuk memberikan informasi tentang event –
event serta mengenai Puskesmas Beji maupun tentang
kesehatan sekaligus promosi yang diharapkan dapat menarik minat masyarakat umum
dimana, bagaimana dan apa kegiatan Puskesmas
Beji. Gambar 1 merupakan gambar
diagram UML dari penyampaian informasi
yang sedang berjalan pada Puskesmas Beji :
Gambar 1 Prosedur Penyampaian Informasi Yang Sedang
Berjalan
Tahap Perencanaan Sistem
Tata Laksana
atau Prosedur penyampaian informasi yang diusulkan penulis
Untuk membantu
Puskesmas Beji dalam memberikan
informasi serta kegiatan sehari-hari penulis
merancang suatu website yang informative. Website yang
diusulkan oleh penulis
mempunyai banyak keuntungan
yaitu dapat meminimalkan biaya dan
waktu yang dikeluarkan
untuk menyampaikan informasi. Berikut ini merupakan penjelasan dari
website yang diusulkan penulis yaitu :
1.Pertama user umum maupun client mengunjungi website
Puskesmas Beji
2.Baik user maupun client dapat melihat-lihat semua
informasi yang ada pada website mengenai Puskesmas Beji.
3.Khusus untuk
client yang sudah terdaftar menjadi admin Puskesmas Beji dapat
melakukan login untuk masuk ke halaman admin.
4.Admin bertugas
untuk memposting , mengupdate serta menghapus informasi di website Puskesmas
Beji.
Gambar 2 merupakan
gambar diagram UML dari prosedur penyampaian informasi yang diusulkan penulis
dengan menggunakan website
Gambar 2
Prosedur Penyampaian Informasi
Struktur Navigasi
Struktur
navigasi adalah struktur alur cerita dari sebuah program. Sebelum menyatukan
elemen-elemen yang digunakan dalam aplikasi, sebaiknya mendefinisikan objek-objek
dan merancang tampilan. Peta navigasi
merupakan rencana hubungan dan rantai kerja dari beberapa area yang berbeda dan
dapat membantu mengorganisasikan seluruh elemen dengan pemberian perintah dan
pesan. Peta navigasi juga memberikan kemudahan dalam pengaturan dan bagaimana
pengaruh keinteraktifannya terhadap user,
karena itu penulis menggunakan struktur navigasi campuran dalam pembuatan website Puskesmas Beji.
Gambar 3 Struktur Navigasi Campuran (Halaman Website)
Struktur
Navigasi campuran (halaman
website) diatas dimulai dengan
tampilan awal halaman index
(home). Pada halaman website tersebut terdapat menu-menu yaitu home, profile, struktur dan organisasi, info puskesmas, buku tamu,
halaman admin. Pada menu profile, terdapat menu visi dan misi dari Puskesmas
Beji. Pada menu Struktur dan organisasi
data terdapat menu ketenagaan yakni berisi tentang tenaga kerja atau pegawai yang
berada di Puskesmas Beji dan menu jadwal praktek yang berisi tentang jadwal
dokter yang bertugas di Puskesmas Beji. Berikutnya menu info puskesmas dan menu
jamkesmas yakni berisi tentang informasi puskesmas dan jaminan kesehatan yang
dapat digunakan di puskesmas Beji.
Selanjutnya
yaitu menu buku tamu ,pada menu tersebut terdapat menu isi buku tamu. Menu tersebut dapat digunakan untuk memberikan
pesan atau komentar yang ingin disampaikan oleh user
umum maupun client. Dan terakhir menu halaman admin yakni hanya admin dari
Puskesmas saja yang dapat menggunakanya dengan sebelumnya admin melakukan login
terlebih dahulu setelah berhasil admin akan masuk ke menu halaman admin.
Struktur
Navigasi campuran (admin) dimulai dengan tampilan awal halaman
index kemudian dilanjutkan dengan login agar admin dapat masuk
ke dalam halamannya. Pada halaman
admin terdapat beberapa menu yaitu
menu home sebagai halaman utama admin, dilanjutkan dengan menu berita, menu profile, menu ketenagaan, menu jadwal
praktek, pengaturan admin dan terakhir keluar.
Pada
menu profile
digunakan admin untuk menambah,
mengedit serta menghapus profile,
visi dan misi, struktur, info puskesmas dan jamkesmas pada halaman website
Puskesmas Beji. Selanjutnya menu ketenagaan dan menu jadwal praktek digunakan
admin untuk menmbah, mengedit serta menghapus pegawai dan jadwal mpraktek pada
website Puskesmas Beji. Menu pengaturan admin digunakan admin untuk mengatur
dan menambah admin dari Puskesmas Beji. Dan menu yang terakhir yaitu menu
keluar yaitu berupa Link untuk admin
dapat keluar dari halamannya.
Usecase Diagram
Pada
tahap ini penulis akan melakukan perancangan dengan menggunakan alat
perancangan sistem yaitu UML, di sini penulis membuat dengan usecase diagram.
Diagram ini memperihatkan
himpunan use case dan aktor-aktor
(suatu jenis khusus dari kelas). Diagram ini terutama sangat penting untuk
mengorganisasi dan memodelkan perilaku dari suatu sistem yang dibutuhkan serta
diharapkan pengguna.
Gambar 5 Diagram Usecase User Umum
Berikut penjelasan Gambar 5 :
1.Proses Halaman Utama (Home).
Usecase : Home.
Deskripsi :
Client memiliki halaman utama yaitu menu home.
2.Proses Halaman Profile.
Usecase : Profile
dan Visi dan Misi.
Deskripsi : Client
dapat melihat menu halaman Profile.
Menu Profile memilki 1 (satu) buah
subsistem yang dapat
dilihat oleh client yaitu Visi dan
Misi.
3.Proses Halaman Struktur dan Organisasi
Usecase : Struktur dan Organisasi, Ketenagaan, jadwal
Praktek.
Deskripsi : Client
dapat melihat menu halaman Struktur dan Organisasi.
Menu Struktur dan Organisasi memilki 2 (dua) buah
subsistem yang dapat
dilihat oleh client yaitu Ketenagaan dan Jadwal Praktek.
4.Proses Halaman Info Puskesmas
Usecase : Info Puskesmas dan Jaminan Kesehatan.
Deskripsi : Client
dapat melihat menu halaman Struktur dan Organisasi.
Menu Info Puskesmas memilki 1 (satu) buah subsistem
yang dapat dilihat oleh
client yaitu Jaminan
Kesehatan.
5.Proses Halaman Buku Tamu.
Usecase : Buku Tamu dan Isi Buku Tamu.
Deskripsi : Client
dapat melihat menu
halaman Buku Tamu. Menu Buku Tamu memilki 1 (satu) buah subsistem
yang dapat dilihat oleh
client yaitu Isi Buku Tamu. Client dapat melihat Buku tamu serta
mengisi Buku Tamu.
Usecase Diagram Admin
Gambar 6 Diagram Usecase Admin
Berikut
Penjelasan Gambar 6
1.Proses Halaman Utama (Home)
Usecase : Home
Deskripsi : Admin memiliki halaman utama yaitu menu
home.
2.Proses Halaman Edit
Berita
Usecase :Edit berita, tambah berita , edit
& hapus.
Deskripsi : Admin dapat menambahkan berita, merubah,
dan menghapus
berita yang diinginkan
3.Proses Halaman Edit
Profile
Usecase :Edit
profile, tambah profile, edit & hapus, edit visi & misi, tambah visi & misi, edit & hapus, edit
struktur dan organisasi, tambah struktur dan organisasi, edit & hapus, edit
info puskesmas, tambah info puskesmas, edit
& hapus,edit jamkesmas,
tambah jamkesmas, edit & hapus.
Deskripsi : Admin dapat menambahkan profile, visi dan misi, struktur dan
organisasi, info puskesmas,dan jamkesmas serta admin dapat merubah, dan
menghapus profile, visi dan misi, info puskesmas,dan jamkesmas.
4.Proses Halaman Edit Ketenagaan
Usecase :Edit ketenagaan,
tambah ketenagaan, edit & hapus.
Deskripsi : Admin dapat menambahkan nama pegawai,
merubah, dan menghapus
pegawai yang diinginkan.
5.Proses Halaman Edit
Jadwal Praktek
Usecase :Edit jadwal
praktek, tambah jadwal praktek, edit & hapus.
Deskripsi : Admin dapat menambahkan jadwal praktek
dokter, merubah, dan menghapus jadwal yang diinginkan.
6.Proses Halaman Pengaturan Admin
Usecase :Pengaturan admin
Deskripsi : Admin dapat menambah serta menghapus
maupun mengedit admin baru untuk
memasuki halaman admin.
7.Proses Halaman Keluar
Usecase: Keluar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar